Wearable Solar – Busana Yang Dapat Mengisi Daya Baterai Smartphone

Wearable Solar – Busana Yang Dapat Mengisi Daya Baterai Smartphone

wearable solar

Di tahun 2014 ini banyak perangkat wearable yang diperkenalkan baik itu untuk menunjang aktivitas olahraga, aktivitas kantor, bahkan untuk gaya hidup. Beberapa waktu lalu Pauline Van Dongen salah satu perancang busana terkenal dunia memperkenalkan rancangan pakaian canggihnya, Wearable Solar.

Wearable Solar ini merupakan perangkat wearable berbentuk pakaian dengan teknologi tinggi yang memiliki kemampuan untuk dapat menyerap energi matahari dan kemudian dapat disalurkan untuk mengisi daya baterai pada gadget. Pakaian ini memang tercipta dari sebuah inspirasi agar peserta festival musik tidak perlu repot dan terganggu dalam mencari sumber energi untuk mengisi daya baterai gadget ketika habis.

Hingga saat ini pakaian Wearable Solar ini baru terdiri dari gaun hitam dan jaket. Untuk teknologi panel suryanya ini terdiri dari 72 sel surya yang fleksibel untuk gaun hitam dan 48 sel kristal untuk jaket. Selain itu, penggunanya nanti dapat berjalan di bawah sinar matahari selama 2 jam saja untuk mengisi energi pada gaun atau jaket yang cukup untuk mengisi sebesar 100% daya listrik gadget.

Untuk cara kerja pengisian energinya cukup mudah, pakaian menyerap energi cahaya yang akan disimpan di dalam sel dan ketika energi telah tersimpan, maka pengguna dapat langsung menghubungkan perangkat gadget dengan kabel microUSB tersembunyi di sekitar pakaian.

Dari segi desain pada gaun maupun jaket, Pauline Van Dongen tetap menampilkan unsur gaya masa kini yang modern sehingga tampak nyaman ketika dilihat oleh kasat mata. Gaun hitam ini cocok digunakan untuk kalangan wanita, dan jaket cocok untuk kalangan pria. Untuk saat ini Wearable Solar ini masih dalam tahap pengembangan agar bisa dijual di pasaran nanti.

wearable solar all