XDK AppMobi : Membuat Aplikasi Mobile Menggunakan HTML 5


Memulai membuat aplikasi mobile adalah hal yang susah susah gampang. Sepengalaman saya ada dua aliran programmer, jika membicarakan pembuatan aplikasi mobile. Ada yang suka dengan native programming, dan ada juga yang suka memanfaatkan platform 3rd party. Keduanya sah sah saja dan sangat bergantung terhadap keperluan dan tipe aplikasi yang akan dibuat. Kali ini saya akan membahas secara singkat mengenai platform pembuatan aplikasi mobile menggunakan HTML 5, CSS dan javascript. Saya rasa HTML5 dan teman temanya tersebut sangat populer dikalangan web developer. Harapannya tentu mempermudah para web developer untuk bisa membuat aplikasi mobile tanpa harus menghabiskan waktu belajar hal yang baru.

Platform tersebut bernama AppMobi. Mungkin sebagian pembaca sudah mengetahui mengenai platform ini. Secara singkat Appmobi adalah sebuah platform yang memungkinkan developer mebuat aplikasi mobile dengan bermodalkan kemampuan HTML5, CSS dan Javascript. Platform Development tools ini mereka sebut XDK (yang berarti Cross Platform Development Kit).

XDK AppMobi ini juga memungkinkan para penggunya membuat aplikasi mobile tanpa harus menginstall SDK tambahan. Karena XDK AppMobi ini sudah menyediakan beberapa API seperti transition, geolocation, camera, sound sampai accelerometer.Selain itu XDK AppMobi juga menyediakan debugging tools, remote testing langsung di device, dan lain sebagainya.

XDK AppMobi ini sendiri adalah sebuah WebApps. Untuk menggunakan XDK ini, developer hanya perlu menginstall plugin di google chrome (klik disini untuk menginstall). Sebagai tambahan lainnya, para developer juga bisa menggunakan fitur, push notification, in-app purchase, oAuth, hingga live app update. Hanya saja sebagin dari fitur yang saya sebutkan tadi ada yang berbayar.

Berikut adalah beberpa screenshot saat saya mencoba membuat contoh aplikasi yang menggunakan fungsi memainkan file audio menggunakan HTML5 dan javascript.

API Injection di XDK AppMobi
API Injection di XDK AppMobi
Fitur fitur yang bisa dimanfaatkan pada XDK AppMobi (gratis dan berbayar)
Fitur fitur yang bisa dimanfaatkan pada XDK AppMobi (gratis dan berbayar)
Dashboard XDK AppMobi
Dashboard XDK AppMobi
Struktur file pada XDK AppMobi
Struktur file (default) pada XDK AppMobi

Secara keseluruhan, XDK Appmobi ini cukup menarik untuk dipelajari khususnya bagi para web developer yang ingin mulai masuk ke ranah pembuatan aplikasi mobile.

~

Catatan: XDK AppMobi ini juga menyediakan panduan untuk developer yang baru akan masuk ke dunia mobile. AppMobi menyediakan sesi yang bernama HTML5 App School.