Mi Pad – Tablet Android Murah dari Xiaomi dengan Performa Kencang

Mi Pad – Tablet Android Murah dari Xiaomi dengan Performa Kencang

Xiaomi Mi Pad - header

Xiaomi telah merilis tablet Mi Pad di Indonesia pada tanggal 1 April 2015 lalu dengan harga yang bisa dibilang cukup murah yaitu Rp 2.999.000. Uniknya, tablet ini dipersenjatai dengan prosesor Tegra K1 2.2Ghz berinti empat. Apakah dengan harga tersebut tablet ini sesuai dengan yang kita harapkan?

Desain Fisik

Untuk awal saya akan mebahas singkat¬†desain¬†Mi Pad secara umum. MiPad memiliki layar 2.9″ (20 cm) berteknologi¬†IPS LCD yang dipasangi Gorilla Glass sehingga membuat tenang penggunanya dari¬†goresan kecil dan mudah dibersihkan juga cap jari yang menempel di layar.

Desain lengkungan di Mi Pad  sangat pas untuk dipegang jangka lama. Namun dikarenakan casing bagian belakang berbahan gloss, Mi Pad menjadi agak licin untuk dipegang apalagi ketika tangan berkeringat.

Mi Pad - Depan

Mi Pad - Belakang

Performa

Untuk memperlihatkan kekuatan prosesor Tegra K1 yang dimiliki Mi Pad, di Mi Pad tersedia aplikasi NVIDIA FaceWorks untuk menguji seberapa hebat sih kemampuan pemrosesan grafik di Tegra secara real-time melalui penampilan model kepala yang detail. Cukup sakti bukan?

Saya coba benchmark Mi Pad menggunakan AnTuTu, skor yang didapatkan sebesar 49.125. Skor ini berada di urutan paling atas, hanya beda tipis dengan Galaxy Note 4.

Sistem operasi MIUI yang ada di Mi Pad sangat enteng digunakan. Navigasi antar folder hinga transisi aplikasi terjadi dengan sangat mulus. Saat melakukan multi-tasking pun tidak terjadi penurunan peforma.

Untuk merasakan secara langsung peforma Mi Pad, saya coba¬†memainkan game Modern Combat 5 dan Rival Knights yang bisa dibilang game yang cukup berat. Hasilnya? Sangat lancar, bahkan saat memainkan game Modern Combat 5 dengan scene yang ‚Äúrusuh‚ÄĚ-pun masih mulus performanya.

Kelebihan lainnya dengan digunakannya prosesor Tegra K1 di Mi Pad adalah dapat memainkan game yang eksklusif untuk NVIDIA Shield yang tersedia di TegraZone seperti game Strike Suit Zero.

MiPad - 1

Aplikasi NVIDIA FaceWorks

MiPad - 2

Skor AnTuTu Mi Pad

Multimedia

Saya adalah orang yang¬†suka menonton film¬†oleh karena itu saya mencoba Mi Pad untuk memainkan video berresolusi 1080p¬†yang tidak dikompres. Dengan resolusi native MiPad yang sebesar 1536×2048 dan¬†layar 2.9″ menghasilkan gambar yang sangat jernih ketika saya menonton videonya.

Untuk mempermudah penggunanya dalam menonton video, Mi Pad memiliki video player bawaan yang saya rasa sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari dan lebih bagus dibanding dengan video player bawaan Android KitKat.

Untuk suara, speaker MiPad sudah cukup bagus. Speaker ini ada di bagian lengkungan di sisi bawah yang membuat speaker-nya tulit terhalangi tangan saat dipegang. Diletakan pada permukaan keras atau empuk pun masih terdengar dengan jelas suara dari speaker-nya.

Daya Tahan Baterai

Dengan spesifikasi yang luar biasa, kecemasan saya adalah bagaimana dengan daya tahan baterai Mi Pad? Tablet yang satu ini ternyata memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yaitu sebesar 6700mAh.

Dalam kondisi baterai penuh, Mi Pad dapat bertahan untuk bermain game selama 3-5 jam tergantung jenis game yang dimainkan. Menonton video selama 30 menit mengabiskan baterai sekitar 4% yang berarti butuh sekitar 11 jam sampai habis baterainya. Untuk musik atau membaca, tentu baterainya bertahan lebih lama lagi.

Untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 4.5 jam. Ini cukup lama namun wajar melihat kapasitas baterainya yang juga besar.

Spesifikasi Teknis & Lainnya

Layar: Layar sentuh IPS LCD dengan 16M warna, proteksi layar Corning Gorilla Glass 3, resolusi 1536√ó2048 pixel, dan kepadatan pixel 324 ppi

Memori: MicroSD hingga 128 GB, kapasitas internal 16/64GB dan RAM 2 GB

Processor: Quad-core 2.2 GHz Cortex-A15

GPU: ULP GeForce Kepler (192 cores)

Sistem Operasi: Android KitKat 4.4.4

Kamera: Kamera depan 8 MP dan kamera belakang 5 MP

Baterai: Li-Po berkapasitas 6700 mAh

Jaringan: Tidak ada

Lainnya: Wi-Fi 802.11, Bluetooth v4.0, dan microUSB v2.0

* spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di InPonsel

Bisa dilihat Mi Pad memiliki RAM hanya sebesar 2GB yang menurut saya sedikit timpang jika dibandingkan dengan spesifikasi yang lain dikarenakan semakin lama kebutuhan RAM untuk game kelas berat akan bertambah apalagi bagi yang suka install aplikasi ini itu.

Mi Pad juga tidak memiliki dukungan jaringan seluler sehingga untuk berinternet hanya dapat menggunakan WiFi. Kamera Mi Pad yang sebesar 8MP juga menghasilkan gambar yang standar seperti kebanyakan tablet lainnya dan tidak ada lampu flash juga.

Kesimpulan

Dengan harga yang murah, Mi Pad berhasil menghasilkan peforma yang top, spesifikasi yang tinggi, kualitas tampilan layar yang bening, dan sangan nyaman untuk dipakai. Namun begitu tidak adanya slot kartu SIM cukup menyulitkan untuk menggunakan Mi Pad dengan bebas apalagi sekarang kebanyakan aplikasi harus terkoneksi secara online.