Optimalkan Belajar Melalui Ponsel, XL Axiata Luncurkan XL Mobile Academy

Optimalkan Belajar Melalui Ponsel, XL Axiata Luncurkan XL Mobile Academy

XL Mobile Academy - Header Fin

Setelah meluncurkan program XL Future Leaders untuk mahasiswa dan program SISTERNET untuk mendukung pemberdayaan perempuan, hari ini XL resmi meluncurkan platform XL Mobile Academy. Program yang bekerjasama dengan Mobitrans dan Triakom ini memiliki tujuan untuk membuat orang bisa belajar dimana pun dengan modul yang terstruktur menggunakan perangkat bergerak yang dimiliki.

Yessie D. Yosetya selaku Chief Digital Service Officer XL mengungkapkan bahwa platform ini diluncurkan setelah menangkap tren bahwa semakin banyak orang yang tidak lepas dari ponsel dalam kesehariannya. XL ingin mendorong perangkat tersebut untuk lebih positif dan produktif. “Dengan platform ini,¬†pengguna ponsel bisa belajar dimana saja. Tiada hari tanpa belajar.” ungkap Yessie pada peluncuran XL Mobile Academy di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia.

Sebagai informasi, menurut survey e-marketer dan wearesocial yang ditunjukkan pada saat konferensi media peluncuran XL Mobile Academy, Indonesia memiliki populasi online sebesar 70 juta penguna. Dari total populasi tersebut, penetrasi ponsel pintar baru bisa menembus 30% saja, sisanya masih menggunakan feature phone. Sedangkan untuk lamanya waktu penggunaan ponsel, populasi online tersebut rata-rata selama 2 jam 30 menit per hari.

Pada tahun 2012 UNESCO melaporkan bahwa Indonesia termasuk negara yang tidak memiliki rencana apapun untuk edukasi pada perangkat mobile. Selang 2 tahun setelahnya UNESCO kembali melakukan survey namun hasilnya masih belum menggembirakan, Indonesia dinobatkan sebagai negara yang paling lambat dalam mengadaptasi ICT pada perangkat mobile.

Talkshow XL Mobile Academy

Berdasarkan fakta-fakta di atas, XL membuat platform XL Mobile Academy yang dibuat dengan versi senyaman mungkin untuk dapat diakses melalui perangkat mobile. Agar lebih ringan, Mobile Academy dikemas dalam format HTML untuk ponsel pintar dan WAP untuk feature phone. Modul-modul yang disediakan juga hanya menghabiskan waktu maksimal 7 menit untuk mempelajarinya.

Saat ini sudah tersedia 70 modul belajar yang fokus pada ilmu pengetahuan dan keterampilan seperti kemampuan bersosialisasi, komunikasi, kepemimpinan, cara membuat presentasi. Selain itu, modul ini juga dilengkapi dengan materi video dan audio untuk mempermudah penggunanya.

Untuk mengakses XL Mobile Academy ini pembaca TeknoJurnal bisa mendaftar melalui SMS dengan cara mengetik REG (spasi) LEARN lalu kirim ke 99212. Setelah itu akan ada tautan khusus untuk masuk ke dalam portal modul belajar. Pelanggan akan dikenakan tarif sebesar Rp 2000/hari dengan akses untuk bisa belajar puluhan modul belajar seperti yang sudah disebutkan di atas.