Menjajal 3 Layanan Digital XL di XL NetRally 2014

Menjajal 3 Layanan Digital XL di XL NetRally 2014

 

xl net rally cover

Beberapa waktu yang lalu, PT XL Axiata melakukan uji kesiapan jaringan dalam rangka menyambut ramadhan dan lebaran 2014. Pengujian jaringan dan kesiapan XL di tahun keempat ini sedikit berbeda dari tahun lalu, yaitu menggunakan moda transportasi kereta dengan 2 jalur pilihan: Jakarta ā€“ Cirebon – Purwokerto ā€“ Yogjakarta dan jalur Surabaya ā€“ Madiun – Yogjakarta.

Operator terbesar kedua di Indonesia ini melakukan uji kesiapan jaringan dan layanan untuk memastikan terjaganya kenyamanan pelanggan dan mengantisipasi potensi lonjakan trafikĀ pelanggan dalam menggunakan layanan seluler baik Percakapan, SMS atau Data/Internet.

Dalam perjalanan XL NetRally 2014 kali ini, TeknoJurnal berkesempatan menggunakan 3 layanan digital milik XL untuk merasakan langsungĀ pengujian kualitas sinyal dalam perjalanan dari Jakarta menuju Jogjakarta.

Guvera

Aplikasi ini cocok untuk pecinta musik. Terhitung sejak awal Juni, layanan musik streaming Guvera telah resmi bekerjasama dengan XL dalam menghadirkan pembayaran potong pulsa dan menjadikan aplikasi ini sebagai streaming musik yang mudah diakses.

Apabila ingin mendengarkan musik selama mudik melalui aplikasi ini, pengguna XL bisa melakukan pendaftaran melalui menu *123*232# melalui ponsel pintar bersistem operasi iOS, Android, dan Windows Phone, setelah itu pengguna bisa mengakses secara legalĀ jutaan musik dari artis dunia. Bagi pelanggan baru Guvera akan mendapatkan bonus berupa tambahan gratis untuk pengaksesan layanan ini selama 14 hari.

 

guvera

MuslimKu

Momen mudik masih termasuk momen yang terbilang religius karena dilakukan ketika bulan puasa dan menjelang hari lebaran. Dengan aplikasi MuslimKu ini pemudik bisa mempelajari ilmu agama Islam di perjalanan melalui games, film, suara Islami, komik dan konten seru lainnya.

Layanan aplikasi ini merupakan layanan berlangganan melalui UMB dan WAP, user bisa mengakses layanan dengan menghubungi UMB *123*595# atau melalui wap muslimqu.xl.co.id. Biaya yang dibutuhkan untuk berlangganan layanan aplikasi ini mulaiĀ Rp.550,- / Hari hinggaĀ RpĀ Rp.8.800 untuk langganan per bulan.

Gudang Aplikasi

Gudang Aplikasi merupakan toko aplikasi yang dimiliki oleh XL yang memiliki beberapa kategori di dalamnya, antara lain: games, musik, video, wallpaper, RBT. Banyaknya kategori dan kemudahan sistem pembayaran (melalui potong pulsa) bisa menjadikan Gudang Aplikasi salah satu ā€˜tempatā€™ mencari hiburan selama perjalanan mudik.

Untuk bisa menikmatinya selama perjalanan mudik, kita harus membuka dan mengunduh terlebih dahulu di laman resminya, kemudian akan muncul konfirmasi password melalui sms. Setelah itu kita bisa menikmati semua layanan yang tersedia di toko tersebut.

 

gudang aplikasi

Hasil Uji Kesiapan Jaringan 2014

Selain dengan cara menikmati layanan digital di atas, moda transportasi yang digunakan menuju Yogyakarta juga dipasang dengan alat bernama TEMS. Sebuah alat yang memenuhi standar regulasi untuk menguji kekuatan dan kualitas sinyal. Dengan menggunakan alat tersebut diketahui bahwa 80.3% jalur kereta api dari Jakarta ā€“ Yogyakarta sudah diperkuat dengan 3G dan sisanya dilengkapi dengan 2G.

Hasil Uji Jaringan Jalur Jakarta-Yogjakarta

Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2014 nantiĀ akan terjadi lonjakan trafik antara 5% hingga 30% dari trafik normal sehari-hari. Untuk mengatasinya, jaringanĀ XLĀ menerapkan teknologi canggih yang antara lain adalah MSCĀ pool dan SGSNĀ in poolĀ untuk 3G secara nasional. Inovasi ini telah diterapkanĀ XLĀ sejak lebih dari 4 tahun terakhir.

Selain itu, XLĀ juga terus melakukan peningkatan kualitas jaringan. Dengan melayani lebih dari 68 juta pelanggan, saat ini jaringanĀ XLĀ di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 45.600 ribu BTSĀ (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringanĀ backbone fiber opticĀ yang membentang di sepanjang pulau JawaĀ dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Bali-Lombok, Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.

 

*Ā Disclosure: semua transportasiĀ dan akomodasiĀ selama mengikuti Uji Jaringan ditanggung oleh PT XL Axiata Tbk