Yang Perlu Diketahui bagi Developer Tentang Tizen, Sailfish, Ubuntu Phone, dan Firefox OS

Yang Perlu Diketahui bagi Developer Tentang Tizen, Sailfish, Ubuntu Phone, dan Firefox OS

Di tahun 2013 ini mungkin orang-orang terutama pengembang aplikasi dibuat bingung dengan banyak sistem operasi baru mobile yang bermunculan mulai dari Tizen, Sailfish, Ubuntu Phone, dan Firefox OS. Mungkin agak kesulitan untuk mencari informasi penting bagi para pengembang aplikasi untuk menentukan strategi apakah akan ikut terjun membuat aplikasi di OS-OS baru tersebut atau tidak.

Untuk mempermudah pencarian informasi, saya mencoba menjelaskan hal-hal yang penting untuk diketahui bagi para pengembang aplikasi tentang OS-OS terbaru ini melalui artikel ini. Sebelumnya, lebih bagus untuk melihat tabel di bawah ini terlebih dahulu yang menerangkan beberapa informasi penting tentang OS-OS tersebut ditilik dari sisi pengembang aplikasi.

tizen Sailfish
Link situs Publik | Developer Link situs Publik | developer
Video preview link video di youtube Video preview link video di youtube
Lingkungan pengembangan HTML 5, Qt Lingkungan pengembangan Qt
Kompatibilitas aplikasi Android Kompatibilitas aplikasi Android
Aktif di Indonesia? belum Aktif di Indonesia? belum
Kontak di Indonesia ? Kontak di Indonesia belum ada
Toko aplikasi resmi segera diumumkan Toko aplikasi resmi ?
Pengusung Samsung, Intel Pengusung Jolla
Ponsel pertama Samsung + NTT DoCoMo (Jepang) di 2013 Ponsel pertama D.Phone (Cina) di 2013
 ~
Ubuntu firefox
Link situs Publik | Developer Link situs Publik | Developer
Video preview link video di youtube Video preview link video di youtube
Lingkungan pengembangan HTML 5, Qt Lingkungan pengembangan HTML 5
Kompatibilitas aplikasi Android Kompatibilitas aplikasi
Aktif di Indonesia? belum Aktif di Indonesia? Sudah: Firefox OS App Days Jakarta, meetup di berbagai kota
Kontak di Indonesia ? Kontak di Indonesia Viking Karwur
Toko aplikasi resmi ? Toko aplikasi resmi Firefox Marketplace
Pengusung Ubuntu Pengusung Mozilla
Ponsel pertama ? (kemungkinan di tahun 2014) Ponsel pertama Telefonica (Brazil), ZTE (Cina), dan TCL (Cina) di 2013

Dari kesemua sistem operasi mobile tersebut, menurut saya yang nantinya akan paling berpotensi bagi para pengembang aplikasi di Indonesia adalah Tizen. Hal ini dikarenakan Tizen diusung salah satunya oleh Samsung yang merupakan vendor ponsel terbesar saat ini dan Samsung juga memiliki kantor cabang di Indonesia sehingga memudahkan komunikasi antara pengembang aplikasi dengan Samsung untuk soal Tizen nantinya. Walaupun saat ini belum ada informasi pasti tentang apakah ponsel berbasis Tizen nantinya akan masuk ke Indonesia juga, menurut saya kemungkinan besar Samsung akan memasukkan ponsel berbasis Tizen ke Indonesia.

Pilihan saya di Tizen bukan berarti sistem operasi lainnya tidak memiliki potensi yang berarti bagi para pengembang aplikasi di Indonesia. Menurut saya nantinya pengembang aplikasi di Indonesia juga dapat memanfaatkan OS-OS seperti Ubuntu Phone, Sailfish, dan Firefox OS untuk merilis aplikasinya dan memonetasikan aplikasinya juga. Namun juga mungkin nantinya akan sedikit lebih menantang bagi para pengembang aplikasi untuk memanfaatkan OS-OS tersebut, yang pasti selalu ada peluang dibalik sebuah masalah.

Dari kesemua OS tersebut juga mungkin yang bisa dikatakan paling belum siap saat ini adalah Sailfish dan Ubuntu Phone. Hal ini karena untuk Ubuntu Phone, kabar terakhir mengabarkan bahwa ponsel berbasis Ubuntu Phone kemungkinan diluncurkan pada tahun 2014. Ini adalah sebuah rentang waktu yang cukup lama dan kita tidak tahu nanti di 2014 OS-OS lain sudah berevolusi menjadi apa. Sedangkan untuk Sailfish, ini dikarenakan oleh situsnya yang sangat minim informasi sehingga akan sedikit sulit untuk menggali lebih dalam tentang Sailfish terutama bagi para pengembang aplikasi.

Apakah keempat sistem operasi baru ini akan dapat menggeser posisi iOS dan Android di ranah sistem operasi mobile? Menurut saya untuk setidaknya 2-3 tahun ke depan akan agak sulit bagi Tizen, Sailfish, . Hal ini melihat iOS dan Android masih memiliki pengaruh yang kuat di ranah ponsel dan selain itu juga masih ada sistem operasi lainnya yang diusung oleh pemain-pemain besar seperti Windows Phone dan BlackBerry 10.

UPDATE

Sebagai tambahan, untuk membaca lebih lanjut tentang sistem-sistem operasi tersebut, pembaca bisa membacanya di link berikut: Tizen, Firefox OS, Ubuntu Phone