Industri mobile telah menjadi industri yang hangat di Indonesia maupun di dunia. Mulai banyak perusahaan, operator telekomunikasi, startup hinga developer independent meramaikan industri ini. Banyak yang gagal, dan tidak sedikit juga yang sukses. Banyak yang hanya menciptakan aplikasi mobile dengan tidak memikirkan kelanjutan setelah post production. Masih banyak juga yang hanya sekedar membuat dan menyelesaikan aplikasi, ketimbang mempersiapkan, membuat dan merawat produk. Dan yang paling unik adalah mempersiapkan perencanaan produk hinga bisnis model dengan sangat matang, tapi melupakan kualitas teknikal dari aplikasi itu sendiri, yang akhirnya mempengaruhi experience dari si pengguna (dan akhirnya gagal di pasaran).
Bisnis model dan perencanaan yang matang adalah satu hal yang sangat pentng untuk di pikirkan. Tetapi masalah kualitas teknikal dari aplikasi mobile itu sendiri tidak boleh di sepelekan. Menurut saya pribadi, aplikasi yang bisa berjalan lancar, halus, tidak banyak error, simpel penggunaannya maupun kontennya, serta memiliki tampilan menarik, adalah salah satu modal yang harus dimiliki jika ingin menggaet banyak pengguna, digunakan pengguna dan nantinya sukses dipasaran.
Esensi yang cukup dasar dari adanya aplikasi mobile menurut saya pribadi adalah dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dalam kurun waktu yang singkat secara praktis (seperti cek email, membaca berita terbaru dari sebuah situs). Dan kemudian juga untuk mengisi waktu senggang yang dipunya ketika menunggu atau dalam perjalanan. Aplikasi mobile menurut saya tidak banyak digunakan untuk melakukan perkerjaan yang super kompleks atau menyelesaikan masalah pengguna yang biasa diselesaikan lewat PC.
Jika dirangkum menjadi poin poin, maka bisa saya ringaks ada 3 poin utama jika ingin membuat sebuah aplikasi mobile yang tidak melupakan kulitas. Kecepatan (speed), kegunaan (usability), tujuan (objective).
Kecepatan (Speed), Sangat berpengaruh dalam menentukan nyaman atau tidaknya sebuah aplikasi mobile. Apalagi penggunaan aplikais mobile biasanya digunakan oleh pengguna dengan mobilitas tinggi dan waktu yang ketat.
Kegunaan (Usability), adalah bagaiman fokus untuk membuat aplikasi yang dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat ke pengguna yang membutuhkan.
Tujuan (Objective), memfokuskan tujuan apikasi mobile yang dibuat, sehingga konten dan fitur yang dimiliki cocok dengan tujuan pengguna mengunakan aplikasi tersebut.
Dengan menggabungkan ketiga hal tersebut dengan bisnis model yang mapan dan prencanaan yang matang, kemungkinan untuk sukses dan aplikasi tersebut digunakan bayak orang secara terus menerus akan semakin besar.