Berita

Agate Berhasil Akuisisi Studio Asal Bandung Bernama Ekuator Games

[Ilustrasi oleh Pixabay]

Perusahaan sekaligus studio game ternama Indonesia, Agate, semakin menguatkan cakarnya. Perusahaan yang dibentuk pada tahun 2009 ini telah berhasil mengakuisisi sebuah studio game yang berasal dari basisnya, yakni Bandung. Studio game tersebut adalah Ekuator Games.

Akuisisi dengan nilai total yang berkisar di angka Rp 5 milliar tersebut berhasil diselesaikan pada tanggal 5 Januari 2019 lalu. Dengan demikian, kedua studio game tersebut resmi bergabung menjadi satu.

Menanggapi hal ini, mantan CEO Ekuator Games yang sekarang menjabat sebagai Vice President of Consumer Games di Agate, Cipto Adiguno mengatakan, “Saya sangat excited dengan bergabungnya Ekuator Games dengan Agate. Saya yakin kami bisa menciptakan game dengan kualitas lebih baik lagi dan membawa nama Indonesia di industri game dunia.”

Melalui akuisisi ini, Agate memiliki harapan yang sangat besar. Perusahaan yang kini di bawah naungan PT Agate International tersebut berharap dapat meningkatkan banyak hal melalui akuisisi tersebut.

CEO Agate, Arief Widhiyasa mengungkapkan bahwa akuisisi Agate terhadap Ekuator Games tersebut bertujuan untuk menggabungkan kekuatan dan talenta dari keduanya dalam rangka meningkatkan kecepatan dan kualitas produk consumer game milik Agate.

Ekuator Games sendiri bukan studio game yang bisa dianggap remeh. Studio game yang memiliki basis lokasi yang sama dengan Agate ini memiliki game yang sangat bagus, berjudul Celestian Tales: Old North.

Game yang dibangun dari crowdfunding melalui platform Kickstarter.com tersebut berhasil mencetak beberapa prestasi. Salah satunya, game tersebut berhasil menjadi salah satu dari 10 game terbaik Indonesia versi Tech In Asia pada tahun 2016.

Selain keberhasilan tersebut, game buatan Ekuator Games ini juga berhasil menyabet penghargaan seperti Most Promising Game (GDG 2014), Best Narrative, Best Audio, dan Game of the Year (GDG 2015), Best Narrative (IN.Game Jogja 2015), serta Best Local Developer (Toys & Games Republic 2015).

Dengan bergabungnya Ekuator Games ke dalam pangkuan Agate, tentunya memupuk harapan besar industri game Indonesia. Di masa mendatang, semoga industri game Indonesia semakin maju dan mampu berkiprah di pasar internasional.

Share
Published by
Sukindar

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019