Categories: FeaturedProfil

Asadullohil Ghalib Kubat – Cinta TI Sejak Kecil Mengantarkannya Juarai Imagine Cup 2013 Rusia

Asadullohil Ghalib Kubat adalah seorang pria kelahiran Bangkalan yang menjadi salah satu sosok kunci keberhasilan Solite Studio sukses memenangkan beberapa kejuaraan sekaligus dan berdiri hingga sampai sekarang.

Ghalib bersama Solite Studio mengembangkan game yang tidak sekedar hanya menyenangkan melainkan memiliki juga nilai pendidikan yang dapat ditanamkan kepada anak-anak ketika sedang bermain.

Cinta Dunia TI sejak SD

Pada saat masih kelas 3 SD, Ghalib telah jatuh cinta pada dunia TI. Hal ini didorong oleh orang tuanya yang sering menceritakan tentang beberapa negara maju seperti Jepang, Jerman, dan Amerika. Ghalib diceritakan bahwa di negara maju tersebut terdapat anak SD yang usianya sama dapat merakit serta mengembangkan alat elektronik seperti radio. Selain itu, diceritakan juga tentang beberapa orang ahli teknologi yang dapat mengubah dunia dengan keahliannya.

Sejak saat itu, Ghalib sangat menyukai dunia teknologi khususnya teknologi informasi yang sedang terkenal pada waktu itu. Hal ini mendorong dirinya agar terus berusaha di bidang ini karena dapat membantu kehidupan manusia yang lebih baik lagi.

Sebelum merintis Solite Studio, Ghalib pernah menjadi seorang freelance programmer di tahun pertamanya kuliah selama 1 tahun. Selanjutnya, Ghalib dipercaya menjadi asisten dosen dengan mengajar hampir semua mata kuliah di Universitas Trunojoyo Madura tempatnya menimba ilmu pemrograman.

Selain itu, Ghalib pernah juga membuka kegiatan les privat pemrograman untuk mahasiswa dan siswa SMK. Dari kegiatan inilah Ghalib dapat membiayai kebutuhan operasional dan SPP selama masa perkuliahannya. Hal ini juga merupakan yang paling berkesan bagi Ghalib sebelum membangun Solite Studio.

Mendirikan Solite Studio

Ketika memasuki masa perkuliahan tingkat 3 tepatnya tahun 2012, Ghalib bersama salah seorang teman akrabnya ingin membuat sebuah game dan mengikuti lomba dengan membentuk tim yang diberi nama Solite Studio.

Dengan terbentuknya tim Solite Studio ini berhasil mengantarkan Ghalib bersama rekan-rekannya menjadi juara utama di kompetisi berskala nasional, Mobile Game Developer War (MGDW) 4 Rookie, yang pada saat itu diselenggarakan oleh Nokia, Agate Studio, dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonsia.

Masih di tahun 2012, Ghalib bersama rekannya di Solite Studio memenangkan juga beberapa kompetisi yang diantaranya berhasil mendapatkan gelar Best Educational App Nokia MGDW 4 Full Touch 2012, Best Educational App Nokia MGDW 4 2nd Chapter 2012, dan medali emas Lumia Apps Olympiad Kategori XNA Games tahun 2012. Semua kompetisi tersebut dimenangkan berkat game Sakera Math Adventure yang juga merupakan karya pertama dari Solite Studio ketika dibentuk.

Beralih ke tahun 2013, Ghalib bersama rekannya di Solite Studio berhasil menjadi juara pertama Imagine Cup 2013 Indonesia kategori Games, juara utama Imagine Cup 2013 Indonesia, dan juara kedua Imagine Cup 2013 Dunia yang diselenggarakan di Rusia.

Tentu saja prestasi pada tahun 2013 tersebut sangat membanggakan dimana Solite Studio berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang bergengsi Internasional. Game yang berhasil membawa kemenangan bagi Solite Studio kali ini adalah Save The Hamster.

Kemudian pada bulan Oktober 2013, Ghalib bersama teman-temannya memutuskan untuk serius dalam mengembangkan Solite Studio menjadi sebuah perusahaan pengembangan game.

Selanjutnya Solite Studio telah menjadi perusahaan resmi dengan 3 orang pendirinya yang terdiri dari Asadullohil Ghalib Kubat selaku CEO, Miftah Alfian Syah selaku Developer, dan M. Bagus Muslim selaku Designer. Berkat Solite Studio juga, Ghalib berhasil menjadi salah satu Nokia Developer VIP di tahun 2013.

Hingga saat ini Solite Studio mempunyai 6 orang tim inti dan telah mengembangkan 5 buah game yang terdiri dari Sakera Math Adventure, Save The Hamster, Save The Hamster Underground, Cody’s App Academy, dan Count The Bunnies.

Selain di Solite Studio, Ghalib juga menjadi trainer untuk melatih pemrograman anak-anak sejak dini di Cody’s App Academy.

Game Solite Studio

Awalnya Ghalib bersama tim Solite Studio berhasil menjuarai kompetisi MGDW 4 dan Nokia Lumia Olympiad dengan game yang berjudul Sakera Math Adventure. Game ini menantang pemainnya untuk dapat melawan musuh menggunakan perhitungan matematika.

Selanjutnya, game kedua yang diciptakan oleh Ghalib bersama temannya di Solite Studio adalah Save The Hamster. Game ini dibuat dengan perencanaan yang sangat matang dan berhasil menjadi juara utama Imagine Cup 2013 Indonesia dan juara kedua Imagine Cup 2013 di Rusia.

Save The Hamster pun memiliki versi lainnya yaitu Save The Hamster Underground. Game ini berhasil membuat Ghalib memenangkan pendanaan 20.000 euro dari Appcampus Finlandia pada tahun 2014. Selain itu, Ghalib bersama Solite Studio memiliki game hasil kerjasama dengan perusahaan lain yakni Count The Bunnies dan Cody’s App Academy.

Count The Bunnies bekerja sama dengan Intel dalam proses pembuatannya dan ekslusif hanya tersedia di perangkat Android yang berprosesor Intel. Sedangkan Cody’s App Academy merupakan hasil kerjasama Solite Studio dengan Cody’s App Academy yang memberikan permainan puzzle untuk mengenal dasar logika algoritma.

Menghasilkan Keuntungan dari Game

Untuk menghasilkan keuntungan bagi Solite Studio, Ghalib memiliki strategi pendapatan yang terdiri dari dua sumber utama yang terdiri dari game berbayar dan game yang bekerja sama dengan perusahaan lain yang ingin membuat game menggunakan platform dari produk game Solite Studio.

Dari dua sumber pendapatan tersebut, Solite Studio dapat menutup biaya pengembangan produk yang terdiri dari gaji tim dan operasional kantor. Untuk game yang menggunakan metode berbayar adalah Save The Hamster dan Save The Hamster Underground. Sedangkan game yang bekerja sama dengan perusahaan lain salah satunya adalah Cody’s App Academy.

Untuk saat ini, Solite Studio terbuka untuk melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam hal pengembang game yang menarik. Selain itu, Solite Studio juga telah bekerja sama dengan salah satu perusahaan nasional dalam mengembangkan game yang akan dirilis.

 

Menghasilkan Karya Berkualitas

Menurut Ghalib, orang yang paling berjasa dalam hidupnya adalah orang tua dan sahabat sekaligus rekannya. Orang tua Ghalib telah mendukung cita-citanya dan selalu mendoakannya hingga dapat seperti sekarang ini. Sedangkan sahabatnya merupakan mentor sekaligus rekan yang menjadi bagian dari sejarah perjalanan Ghalib mengarungi dunia TI. Sahabat ini selalu memberikan semangat dan masukkan yang bermanfaat agar Ghalib bersama Solite Studio selalu menghasilkan berbagai game yang berkualitas.

Bagi Ghalib, dunia game sangat menarik karena dirinya dapat membuat sebuah karya atau produk dengan suasana yang menyenangkan. Ketika membuat game, pengembangnya sangat menikmati proses pembuatannya mulai dari proses perancangan, pengembangan, hingga proses penerbitan. Tentunya yang paling menyenangkan ketika game yang telah dibuat sudah terbit di toko aplikasi dan dapat dinikmati banyak orang di seluruh dunia.

Dengan cerita perjalanan Solite Studio ini Ghalib berharap dapat menginspirasi pelajar-pelajar muda Indonesia untuk terus berusaha dan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita karena kesuksesan bukan ditentukan dari mana kita berasal atau di institusi mana kita sekolah, melainkan semua orang yang sukses adalah orang yang memiliki passion paling tinggi.

Terakhir Ghalib berharap semoga Solite Studio menjadi semakin solid kedepannya, terus menghasilkan karya yang berkualitas, dan tumbuh menjadi perusahaan game yang besar di Indonesia sehingga bisa menginspirasi anak-anak muda di seluruh Indonesia. Selain itu, Ghalib juga berharap ekosistem pengembang game di Indonesia terus tumbuh positif seperti sekarang ini. Dan semoga kedepannya terus lahir pengembang muda baru Indonesia yang memiliki passion yang tinggi.

Share
Published by
Adhitya Wibawa Putra

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019