Categories: Opini

Berbagi Pengalaman Tentang Komunitas #StartupLokal

Hari sabtu kemarin, komunitas #StartupLokal menyelenggarakan ulang tahun pertamanya di plaza Fx Jakarta. Tidak terasa komunitas ini sudah berumur satu tahun dan menjadi besar seperti sekarang ini. Dari yang tadinya hanya diikuti puluhan orang di awal meetupnya hingga sekarang ini yang ratusan orang mengikuti setiap meetupnya. Nah… kali ini saya ingin berbagi tentang komunitas ini dan efeknya terhadap saya dan TeknoJurnal selama saya aktif mengikuti perkembangan mereka.


#StartupLokal Meetup ke-2 (Foto oleh Rama Mamuaya)

Saya pertama kali ikut meetup #StartupLokal di meetup yang ke-2 bersama kedua teman saya, Putra Setia Utama dan Arham Haryadi, saat itu merekalah satu-satunya orang yang saya kenal di acara tersebut. Dengan bermodal diundang oleh Natali Ardianto (salah satu inisiator komunitas #StartupLokal) dan sedikit nekat keluar dari lingkup pergaulan saya yang dulunya itu-itu saja dan mencoba pergaulan yang benar-benar baru, saya mengikuti meetup #StartupLokal ke-2 tersebut. Hasil dari ikutnya saya di meetup tersebut ternyata cukup besar, di meetup itulah saya mulai kenal dengan beberapa orang yang sudah malang melintang di dunia startup walaupun saya sendiri waktu itu belum begitu mengerti apa yang dibicarakan di acara tersebut.

Semenjak melihat besarnya manfaat yang saya dapatkan dengan mengikuti #StartupLokal meetup saya selalu mengikuti meetup-meetup berikutnya. Dari meetup yang ke-3 hingga meetup terakhir di ulang tahun komunitas #StartupLokal. Selama saya mengikuti meetup-meetup tersebut saya telah bertemu dengan banyak orang mulai dari investor, pebisnis, developer lokal, pebisnis, hingga representatif perusahaan-perusahaan besar.

Selain banyaknya kenalan yang saya dapat dari komunitas #StartupLokal, saya juga mendapat partner bisnis dan proyek-proyek dari kenalan-kenalan saya tersebut. Selain itu juga saya mendapat banyak pelajaran bermanfaat dari banyak senior di dunia wirausaha. Mereka kebanyakan tidak pelit untuk berbagi pengalaman mereka dari awal mereka jatuh bangun membangun usaha mereka hingga usahanya menjadi cukup sukses. Pengalaman-pengalaman yang mereka berikan banyak yang menginspirasi saya untuk terus maju berwirausaha.

Selama itu juga saya banyak mendapat masukan untuk bagaimana mengembangkan TeknoJurnal agar semakin memperbaiki diri dan memperbagus kualitas artikelnya. Banyak kenalan saya di komunitas #StartupLokal yang baik secara langsung ataupun tidak langsung telah ikut membantu perkembangan TeknoJurnal hingga seperti ini. Bisa dibilang tanpa komunitas #StartupLokal mungkin TeknoJurnal tidak akan berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Dari sekian banyak keuntungan yang saya dapatkan dari komunitas ini, satu hal yang sangat penting dicatat menurut saya: NETWORKING. Atau yang dalam bahasa non-bisnisnya adalah silaturahmi. Semakin sering ber-networking ria di komunitas semacam ini, maka semakin besar pula relasi bisnis kita. Dan semakin banyak relasi yang kita punya, semakin banyak keuntungan yang kita dapat dan tentu juga jangan lupa untuk memberi kepada mereka.

Untuk para pembaca yang belum pernah mengikuti kegiatan komunitas semacam ini saya sangat menganjurkan untuk mencoba-coba mengikuti komunitas-komunitas seperti ini. Untuk komunitas #StartupLokal, link-link berikut mungkin bisa membantu untuk melihat pergerekan komunitas itu:

Masih banyak sebetulnya yang bisa saya bagi tentang komunitas #StartupLokal ini, namun mungkin bisa dijadikan buku kalau saya tulis semua :D. Terakhir saya mewakili tim TeknoJurnal mengucapkan selamat ulang tahun kepada komunitas #StartupLokal. Semoga komunitas ini terus memberikan banyak manfaat kepada dunia startup Indonesia.

Share
Published by
Firman Nugraha

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019