Categories: Berita

Nokia Game Developer Workshop di Jakarta

Rangkaian acara Mobile Game Development War yang disponsori oleh Nokia kembali berlanjut di Jakarta setelah sebelumnya telah selesai dilaksanakan bersama Agate di Bandung seperti yang sudah ditulis oleh TeknoJurnal beberapa waktu lalu. Kali ini di Jakarta acaranya diadakan bersama majalah CHIP dengan agenda mempelajari dasar-dasar pengembangan mobile game menggunakan J2ME dalam satu hari.

Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta yang tidak hanya berasal dari Jakarta dengan mayoritas peserta adalah mahasiswa namun tentu ada juga developer profesional yang ikut menghadiri acara ini. Dan, dari sekian banyak peserta workshop hanya segelintir saja yang pernah mengembangkan game. Oleh karena itu di workshop ini pembelajaran materi dimulai dari dasar.

Materi pengembangan mobile game ini disampaikan oleh tim narasumber dari Agaté Studio dalam tiga sesi. Sebelumnya, peserta dipersilakan menginstalasi software yang akan dibutuhkan untuk mengembangkan mobile game; yaitu Eclipse, S60 3rd Edition SDK for Symbian OS, Java, Strawberry Perl dan Sun Java Wireless Tool Kit. Barulah setelah instalasi selesai, narasumber mulai memandu peserta untuk mengembangkan mobile game.


Suasana di workshop

Selain mendapatkan materi tentang pengembangan mobile game, para peserta workshop juga mendapat akun Ovi Publisher secara gratis. Nokia, sebagai sponsor event, memfasilitasi registrasi Ovi Publisher ini untuk mengeksplor potensi dan kemampuan developer lokal. Dengan media Ovi Publisher, aplikasi-aplikasi yang telah dikembangkan oleh para developer dapat dipublish di Ovi Store untuk seluruh pengguna Nokia di Indonesia maupun mancanegara.

Untuk yang belum pernah mengikuti acara ini, tenang saja, karena rangkaian acaranya masih belum selesai. Untuk di Jakarta sendiri masih akan ada Mobile Game Developer Camp pada tanggal 26-27 Mei 2011 dan Mobile Game Developer Final War pada tanggal 31 Mei 2011. Selengkapnya bisa dilihat di bawah ini:

Share
Published by
Firman Nugraha

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019