Categories: BeritaDeveloperziliun

Google Kembangkan Fitur Baru yang Mempermudah Pengguna Gadget dalam Bermain Game

 

Untuk memainkan sebuah game, kini seorang pemain harus terlebih dulu masuk dengan menggunakan sebuah akun. Terutama untuk gamegame online yang sekarang banyak beredar. Tidak hanya untuk game berbasis PC, gamegame untuk ponsel juga membutuhkan akun untuk bisa memainkannya.

Terkait akan hal itu, Google menawarkan fitur baru untuk masuk ke dalam akun sebuah game. Semula pengguna gadget harus mendaftar akun Google, dan meng-upgrade akun ke akun Google+. Selain itu, pengguna gadget juga harus ribet memasukan akun setiap akan masuk ke game yang baru.

Namun ada kabar gembira karena kini pengguna tak perlu repot-repot lagi untuk melakukan hal tersebut. Nantinya pengguna hanya perlu mendaftarkan diri, tanpa meng-upgrade akunnya ke Google+. Selain itu, pengguna hanya perlu sekali memasukan akun game, tanpa perlu memasukannya setiap kali menggunakan game berbeda.

Sayangnya akan ada sedikit masalah yang mengganggu karena perubahan fitur ini akan menjadi perhatian penting bagi developer. Dalam perubahan tersebut akan mengakibatkan munculnya pop-up jendela persetujuan Google+ yang sangat mengganggu pada pengguna .

Tapi tak perlu khawatir karena Google juga memberikan solusinya. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara meminimalisir permintaan kepada “Cakupan Tambahan Google+” apabila developer tidak benar-benar membutuhkannya.

Selain hal itu, permasalahan yang mungkin terjadi adalah developer tidak akan mendapatkan kembali data yang valid dari endpoint lainnya. Untuk mengatasinya, developer jangan sampai menggunakan akun pemain yang sama untuk API Google yang lain.

Permasalahan yang ketiga adalah permintaan terhadap akses token oleh developer bisa saja berisi informasi yang sebenarnya bukan dicari atau tidak terlalu dibutugkan. Dan untuk megatasinya, developer dapat menggunakan GetServerAuthCode API yang baru.

Oleh karena itu Google menyarankan agar tidak menggunakan Cakupan Google+ yang tidak digunakan. Selain itu ,disarankan juga untuk menggunakan getGamesServerAuthCode() dalam mengakses token dari pengguna.

Share
Published by
Sukindar

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019