Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP

Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP

kelebihan-bahasa-pemrograman-php[Sumber: Wikimedia]

Jika kamu baru mulai belajar membuat program atau baru mulai belajar bagaimana menuliskan baris-baris kode yang benar, bahasa pemrograman PHP dapat menjadi salah satu bahasa yang kamu pelajari. Kelebihan bahasa pemrograman PHP menawarkan berbagai macam kemudahan untuk digunakan serta dipelajari oleh pembuat kode pemula.

Jauh berbeda dengan bahasa pemrograman JavaScript yang menawarkan bahasa scripting di sisi klien, bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman scripting yang dapat digunakan pada sisi server sebuah pengembangan web.

Bahasa pemrograman ini adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan pada tahun 1994 oleh Rasmus Lerdorf. Bahasa pemrograman PHP memiliki beberapa kegunaan termasuk di dalamnya untuk mengembangkan plugin WordPress, pengembangan web, dan membuat Database Enabled Pages.

Bahasa pemrograman ini termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang serba guna dan mendukung terhadap PHP Code, Text, HTML, CSS, dan JavaScript. Bahasa pemrograman PHP juga mampu menangani banyak hal dalam pengembangan web.

Bahasa ini mampu mengumpulkan data serta membuat konten laman web menjadi lebih dinamis. Bahasa ini dapat digunakan untuk membuat, membuka, membaca, menulis, dan menutup file yang berada di sisi server. Bahasa pemrograman ini juga dapat menangani database, seperti menghapus, menambah, atau memodifikasi data.

Tidak hanya itu, bahasa ini juga dapat menangani keamanan dari data. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk membatasi pengguna untuk mengakses beberapa laman pada website yang dikembangkan. Bahasa pemrograman ini juga mampu mengenkripsi data yang ada.

Meskipun bahasa pemrograman PHP tidak sepopuler bahasa pemrograman lainnya, bahasa pemrograman ini merupakan sebuah bahasa yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama, seperti Facebook dan IBM.

Kelebihan bahasa pemrograman PHP ini bahkan memikat perusahaan Facebook untuk membangun platform yang dimilikinya. Tidak hanya Facebook, perusahaan penyedia layanan web, yaitu WordPress, juga menggunakan bahasa pemrograman ini untuk mengembangkan platformnya.

Kelebihan bahasa pemrograman PHP antara lain adalah sebagai berikut

Mudah dan Serba Guna

kelebihan-bahasa-pemrograman-php-1[Sumber: Flickr]

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kelebihan bahasa pemrograman PHP ini salah satunya adalah mudah untuk digunakan dan mendukung banyak kegunaan. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan dengan mudah untuk membuat sisi server dari laman yang kita kembangkan dan penggunaan lainnya. Bahkan, bahasa pemrograman ini mendukung berbagai macam bahasa lain, seperti CSS dan JavaScript.

Dan untuk mengembangkan produk dengan menggunakan bahasa pemrograman ini, telah terdapat banyak framework yang dapat digunakan. Salah satunya adalah Laravel yang menjadi framework PHP populer di kalangan developer web. Kelebihan ini tentu akan memberikan kemudahan bagi para developer dalam membangun produk-produk berbasis bahasa pemrograman PHP.

Memiliki Komunitas yang Besar

kelebihan-bahasa-pemrograman-php-2[Sumber: Pixabay]

Salah satu kriteria bahasa pemrograman yang tepat untuk dipelajari adalah bahasa pemrograman tersebut harus memiliki komunitas yang besar. Salah satu alasannya adalah karena dengan komunitas yang besar, kita dapat belajar dengan mudah dengan adanya konunitas tersebut.

Salah satu kelebihan bahasa pemrograman PHP menawarkan komunitas yang sangat besar. Tidak hanya besar, komunitas dari bahasa pemrograman PHP merupakan komunitas yang sangat aktif. Bahkan setiap kebanyakan masalah yang ada pada bahasa pemrograman ini telah memiliki solusi yang telah ada sebelumnya.

Mendukung Database

kelebihan-bahasa-pemrograman-php-3[Sumber: Thebluediamondgallery]

Bahasa pemrograman PHP memiliki kelebihan yang dapat digunakan untuk menangani database dengan sangat baik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahasa ini dapat digunakan untuk mengedit, menambahkan, atau bahkan digunakan untuk menghapus data pada database yang kita miliki.

Bahasa pemrograman ini dapat bekerja dengan sangat baik untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan file system, output HTML, images, pdfs, swf files, dan xhtml.


Kelebihan bahasa pemrograman PHP dapat kita jadikan dasar dalam memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk dipelajari. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang harus diketahui oleh calon pembuat kode tentang bahasa pemrograman PHP sebelum mempelajarinya. Setelah itu, calon pembuat program dapat menggunakan cara-cara mudah untuk belajar pemrograman PHP.

[referensi: Makeawebsitehub]