Maker, Garda Terdepan di Dunia Internet of Things

Maker, Garda Terdepan di Dunia Internet of Things

makers[ sumber gambar : shutterstock ]

Seiring dengan perkembangan zaman, istilah Maker mulai dirujuk untuk mengartikan orang-orang yang memiliki sebuah ide produk menarik dan diwujudkan menjadi sebuah produk inovatif yang belum dimiliki masyarakat umum.

Dalam dunia teknologi informasi sendiri istilah Maker ini ditujukkan untuk orang-orang yang saling berkolaborasi dalam memecahkan suatu permasalah dengan membuat sebuah produk yang terbilang baru dan dapat memecahkan masalah dengan cara yang inovatif.

Tentunya produk yang dihasilkan ini lebih dari sekedar menciptakan aplikasi melainkan mengembangkan perangkat keras beserta aplikasinya. Di dalam produk ini pun akan terdapat sensor-sensor bahkan kecerdasan buatan yang nantinya dapat memecahkan permasalahan yang terjadi di suatu daerah bahkan dunia.

Salah satu contohnya beberapa waktu lalu tim MC.IOT yang mengikuti ajang Hackathon yang berhubungan dengan Maker. Mereka menciptakan sebuah prototype produk SMS-µA yang dapat membuat setiap rumah mengurangi polusi di udara.

Produk tersebut menggabungkan beberapa komponen sekaligus baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak menjadi satu paket. Ditambah lagi menggunakan micro Algae agar dapat menyerap polusi yang terjadi.

Selain itu, dengan sensor khusus yang terdapat dalam produk ini dapat juga digunakan untuk memantau penurunan polusi yang terjadi. Produk yang dikembangkan Maker ini jika digunakan semua rumah dalam satu kota akan mengurangi banyak polusi dan efek terbesarnya akan dapat juga mengurangi polusi seluruh dunia.

Tentunya untuk menjangkau satu kota bahkan dunia, produk ini membutuhkan akses jaringan internet untuk membuatnya dapat saling terhubung dan terintegrasi secara terpusat. Hal ini berhubung erat dengan teknologi Internet of Things.

Teknologi Internet of Things ini sendiri menggunakan landasan bahwa benda-benda di seluruh dunia dapat terhubung dengan menggunakan jaringan internet. Dalam benda yang berteknologi Internet of Things biasanya akan disisipkan sensor dan komputer mini berbentuk papan agar dapat membuat benda ini terhubung dengan benda lainnya.

Bisa dibilang para Maker ini akan mudah beradaptasi dalam mengembangkan produk yang menggunakan teknologi Internet of Things karena sudah terbiasa mengembangkan berbagai perangkat yang mengkombinasikan perangkat keras beserta aplikasi.

Selain itu, Maker juga telah terbiasa dengan penggunaan komputer mini berbentuk papan seperti Arduino, Raspberry, atau Intel Galileo untuk membuat sebuah produk sehingga kedepannya Maker akan menjadi salah satu yang terdepan dalam membuat inovasi produk-produk Internet of Things yang bermanfaat bagi orang banyak.

Maker ini dapat berkolaborasi dengan pemerintah maupun perusahaan lain dalam hal menciptakan perangkat Internet of Things untuk menjadi solusi dalam memecahkan masalah sehari-hari yang terjadi di masyarakat.

maker iot[sumber : shutterstock]