Nikmati Fitur Play Store pada Chromebook dengan Cara Berikut Ini

Nikmati Fitur Play Store pada Chromebook dengan Cara Berikut Ini

Use Play Store in Chromebook

[Sumber: Pixabay]

Beberapa bulan yang lalu, Google mengumumkan akan menanamkan dukungan Google Play ke dalam perangkat Chromebook. Kini beberapa Chromebook telah memperoleh dukungan terhadap Aplikasi Android melalui saluran pengembangan. Melalui pembaruan dari ChromeOS, pengguna akan memiliki Google Play yang terpasang di dalam perangkat Chromebook yang dimilikinya.

Pengguna dapat menginstal dan membuat segala sesuatu berjalan dengan sangat mudah. Pengguna hanya perlu memiliki sebuah Chromebook yang berada pada saluran pengembangan M53 dan memiliki dukungan Aplikasi Android di dalamnya. Akan tetapi, untuk beberapa Chromebook, seperti Acer Chromebook r11 dan Pixel 2015, Google akan memberikan pembaruan beberapa minggu mendatang.

Pertama, klik kursor pada bagian kanan bawah dari layar seperti akan melihat ikon jaringan dan baterai. Kemudian pilih tautan ke halaman pengaturan yang terletak di bawah jendela kecil untuk membuka halaman pengaturan.

Di dalam halaman pengaturan, pengguna akan menjumpai bagian “Play Store” dan di dalam  bagian ini pengguna akan menjumpai check box dengan “Enable Google Play Store on your Chromebook”. Pengguna cukup memberikan klik pada kotak untuk mencentang kotak tersebut.

Setelah mencentang kotak tersebut, sebuah jendela baru akan terbuka, dan pengguna harus memilih tombol Get Started. Pengguna akan akan memperoleh syarat dan ketentuan dari layanan yang akan menjelaskan berbagai hal dalam bahasa sederhana. Setelah itu, pengguna harus menyetujui syarat dan ketentuan dari Google untuk menjumpai aplikasi Play Store yang terbuka. Dan pengaturan untuk Google Play selesai.

Untuk menginstal aplikasi, pengguna dapat mencobanya seperti menggunakan Play Store pada perangkat Android. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa tidak semua aplikasi akan berjalan seperti pada perangkat Android. Hal ini dikarenakan proses ini merupakan saluran untuk pengembangan dan ditandai secara jelas sebagai versi yang belum stabil oleh Google.

[via Android Central]