Qualcomm Hadirkan Modul 5G Sebagai Solusi Praktis Industri Berkebutuhan Khusus

Qualcomm Hadirkan Modul 5G Sebagai Solusi Praktis Industri Berkebutuhan Khusus

Qualcomm Snapdragon 5G

Teknojurnal – Teknologi jaringan telekomunikasi 5G memang akan menjadi standar baru di industri teknologi informasi. Melihat hal tersebut, Qualcomm Technologies Inc mengenalkan modul Qualcomm Snapdragon 5G di Mobile World Congress 2018 yang berlangsung di Barcelona.

Setelah sebelumnya mengenalkan platform seluler baru Qualcomm Snapdragon 700 untuk menghadirkan fitur ponsel premium ke kelas yang lebih terjangkau, Qualcomm menawarkan solusi baru untuk para OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk mengaplikasikan teknologi jaringan 5G ke setiap produk buatannya.

Solusi modul Qualcomm Snapdragon 5G menawarkan integrasi ribuan komponen ke dalam modul yang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dalam pengembangan produk smartphone dan industri tertentu.

Secara gamblang, Qualcomm menegaskan bahwa pengembangan solusi berupa modul jaringan 5G tersebut dengan harapan dapat lebih menyederhanakan desain dari perangkat jadi, menurunkan total biaya, serta mempercepat adobsi teknologi jaringan telekomunikasi 5G ke perangkat komersial.

Qualcomm memang salah satu perusahaan yang mengambil pengembangan di level yang berbeda dengan banyak perusahaan lain. Dr. Roawen Chen, selaku Senior Vice President QCT Global Operations di Qualcomm Technologies Inc. menyebutkan bahwa mereka lebih cenderung menyediakan infrastruktur di level sistem, salah satunya dengan menghadirkan modul Qualcomm Snapdragon 5G.

Dr. Roawen Chen juga menegaskan modul 5G tersebut dirancang bagi para pemain industri baru agar dapat merasakan keunggulan dari jaringan 5G dan menemukan peluang baru yang mungkin bisa mereka dapatkan, karena teknologi jaringan 5G memiliki tujuan untuk memperluas nirkabel ke pasar-pasar berkebutuhan khusus yang baru.

Qualcomm Snapdragon 5G menawarkan desain yang lebih sederhana dengan menawarkan solusi yang memungkinkan OEM mengkombinasikan beberapa modul saja dibandingkan harus merangkai ribuan komponen untuk digunakan dalam perangkat yang sedang dikembangkan.

Solusi praktis ini tidak hanya menjadi satu-satunya solusi yang ditawarkan oleh Qualcomm. Qualcomm juga menyediakan berbagai macam modul lain seperti prosesor aplikatif, modem, memori, Power Management Integrated Circuit, RF Front End dan berbagai macam modul lainnya.

Dengan menggunakan solusi-solusi praktis tersebut, yang rencananya akan hadir pada tahun 2019 mendatang, OEM dapat menekan ruang hingga 30 persen dibandingkan saat menggunakan lebih banyak komponen dengan jenis yang berbeda-beda.

Qualcomm Snapdragon 5G akan menjadi solusi revolusioner 5G yang membuka peluang baru dan kesempatan bagi pemain baru dalam ekosistem seluler di era 5G.