Rekap Jogja Game Session Meetup 2013

Rekap Jogja Game Session Meetup 2013

Jogja Game Session - banner

Pada tanggal 19 Oktober 2013 telah berlangsung Jogja Game Session Meetup. Meetup yang mengangkat tema “Lets Talk About Past, Present and Future of Games” ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara JOINTS 2013 (program acara dari HIMAKOM Universitas Gadjah Mada).

Acara dengan format talkshow ini dibawakan oleh tiga studi game yaitu dari Agate Jogja yang diwakili Frida Dwi Iswantoro, Amagine Interactive yang diwakili oleh Dennis Adriansyah Ganda, serta Creacle yang diwakili R. Gathot Fajar Suryantoro. Mereka berasal dari komunitas GameLan yang merupakan komunitas startup game developer di Jogja.

Saat talkshow berlangsung, Frida berbagi tentang bagaimana caranya sebuah game bisa terkneal. Menurut Frida, salah satu caranya adalah dengan membuat game yang sederhana dan mudah dimainkan seperti Pokopang sehingga pengguna yang sebenarnya bukan seorang “gamers” bisa tetap menikmati game-nya. “Sesederhana apapun game yang kita buat, nikmati proses belajarnya dan jangan lupa selesaikan game-nya” seperti yang dikutip dari Frida.

Gathot selaku founder dari Creacle Studio berpendapat bahwa dengan menggabungkan antara game dengan jejaring sosial dapat mempermudah orang mengetahui game itu salah satu contohnya adalah game Pokopang yang hampir semua pengguna ponsel berbasis Android memainkannya.

Yang terakhir yaitu founder dari Amagine Studio, Dennis, mengatakan bahwa teknik monetasi dari game yang paling baik adalah dengan in-app-purchase karena akan lebih menarik pemain untuk membeli game yang kita kembangkan.

Di akhir acara, Dzikri R Fudholi, selaku ketua acara ini memaparkan hasil kuisioner tentang kompetisi membuat game yang diberikan kepada peserta. Salah satu hasil surveinya adalah 50% responden memilih untuk diadakan kompetisi untuk platform Android.