Belajar Pemrograman Secara Otodidak bagi Pemula

Belajar Pemrograman Secara Otodidak bagi Pemula

Tips Belajar Pemrograman Otodidak

[Sumber: Flickr]

Mungkin terbesit di kepala sebagian dari kita, apakah belajar pemrograman dapat dilakukan secara otodidak? Tentu saja jawabannya bisa. Belajar pemrograman secara otodidak sudah menjadi cara belajar bagi sebagian developer atau pembuat program lainnya. Cara belajar ini merupakan sebuah cara belajar yang dapat ditempuh ketika kita tidak memiliki seseorang yang dapat mengajari kita dalam belajar membuat program.

Banyak pembuat program di dunia ini yang expert dalam membuat program, akan tetapi tidak mengambil kuliah di jurusan teknologi informasi. Mereka memperoleh ilmu tersebut melalui belajar pemrograman secara otodidak. Mereka belajar secara mandiri melalui berbagai sumber yang telah ada.

Terdapat banyak sumber belajar pemrograman yang dapat kita akses. Apalagi sekarang informasi dapat mengalir dengan cepat, tentu sumber-sumber belajar menjadi semakin banyak dan semakin mudah untuk dididapatkan. Belajar pemrograman secara otodidak pun semakin mudah.

Akan tetapi Ā belajar membuat program harus ditempuh dengan cara yang tepat dan benar, agar kita dapat mempelajarinya secara efektif. Apalagi bagi kita yang tidak memiliki orang yang dapat dijadikan tempat belajar, tentu memerlukan beberapa hal agar proses belajarnya dapat berjalan dengan baik.

Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah

 

Menentukan bahasa yang akan dipelajari

Tips Belajar Pemrograman Otodidak 1

[Sumber: Wikimedia]

Terdapat banyak bahasa pemrograman yang berkembang akhir-akhir ini. Akan tetapi tidak semua bahasa pemrograman harus dipelajari sekaligus secara bersamaan. Tentu akan sangat sulit ketika kita harus mempelajari banyak bahasa pemrograman secara bersamaan. Oleh karena itu, agar dapat mempelajarinya dengan mudah, kita harus menentukan terlebih dulu bahasa yang akan dipelajari.

Sesuaikan jenis bahasa yang akan dipelajari dengan tingkat kemampuan yang kita miliki. Dengan seperti itu, maka kita akan lebih mudah untuk mempelajarinya. Jangan mengambil bahasa yang susah, tetapi belajarlah dengan cara bertahap. Dari yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, ke tingkat yang lebih sulit di atasnya. Selain itu, hal ini akan lebih mempermudah kita saat belajar pemrograman secara otodidak.

 

Mencari sumber yang menyediakan tutorial lengkap

Tips Belajar Pemrograman Otodidak 2

[Sumber: Pixabay]

Untuk belajar, apapun itu, kita tentu memerlukan sumber belajar yang tepat. Hal ini juga berlakuĀ dalam tipsĀ belajar pemrograman secara otodidak. Sumber yang digunakan pun jangan asal sumber, kita harus memilih sebuah sumber yang benar-benar lengkap.

Bagi orang yang sedang belajar pemrograman secara otodidak, kadang membaca tutorial yang terpisah-pisah akan sangat membingungkan. Oleh karena itu, kita harus mencari sumber yang menyediakan tutorial secara lengkap. Hal ini akan mempermudah kita untuk mempraktekkan ilmu yang sedang dipelajari.

 

Bergabung pada forum atau komunitas online

Tips Belajar Pemrograman Otodidak 3

[Sumber: Pixabay]

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, seorang developer pemula atau calon pembuat program harus masuk ke dalam sebuah komunitas untuk belajar lebih efektif. Dengan masuk dalam sebuah komunitas, kita akan dapat mendapatkan berbagai ilmu sesuai dengan komunitas yang diikuti.

Hal yang sama juga berlaku bagi calon pembuat program yang sedang belajar pemrograman secara otodidak. Setidaknya, calon pembuat program dapat masuk ke dalam komunitas berbasis online yang banyak berkembang akhir-akhir ini.

Dengan masuk di dalamnya, kita dapat menemukan tempat untuk berdiskusi ketika terdapat permasalahan saat membuat program. Selain itu, kita juga akan dapat memperoleh ilmu-ilmu baru, jika komunitas yang diikuti sangat aktif.

 

Banyak mempraktikkan hal-hal yang dipelajari

Tips Belajar Pemrograman Otodidak 4

[Sumber: Pixabay]

Setelah memperoleh sumber dan masuk ke dalam komunitas, kita dapat memulai belajar dengan mempraktikkan hal-hal yang telah dipelajari. Ketika kita telah mendapatkan tutorial lengkap, jangan hanya dibaca, tetapi kita perlu mencoba untuk mempraktikkannya. Hal ini perlu dilakukan agar kita lebih terbiasa untuk membuat sebuah program.

Dan apabila terdapat sedikit kesalahan saat mencobanya, lalu kita bingung cara mengatasinya, kita dapat membagikannya ke komunitas yang kita ikuti. Akan tetapi perlu diingat, jangan bertanya atau berbagi masalah pemrograman yang sudah banyak dibahas dalam forum, baca terlebih dulu diskusi-diskusi sebelumnya, siapa tahu permasalahan tersebut telah dibahas sebelumnya. Hal ini akan membuat proses belajar pemrograman secara otodidak semakin efektif.