Cara Meningkatkan Kemampuan Programming yang Lebih Efektif

Cara Meningkatkan Kemampuan Programming yang Lebih Efektif

Meningkatkan Kemampuan Programming Banner

[Sumber: Wikimedia]

Setelah mengetahui berbagai macam hal dalam memilih bahasa pemrograman untuk dipelajari, memilih bahasa pemrograman yang tepat dan mempelajarinya tentu akan menjadi lebih mudah. Apalagi dikombinasikan dengan beberapa hal yang dapat meningkatkan kemampuan programming, proses belajar tentu menjadi semakin cepat.

Selain itu, baik pemula maupun expert, proses belajar harus tetap berjalan karena teknologi juga selalu berkembang. Jika berhenti meningkatkan kemampuannya, seseorang akan ketinggalan berbagai macam hal tentang teknologi, informasi, maupun hal-hal lainnya.

Oleh karena itu, belajar merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun tanpa terkecuali, terkhusus bagi para developer, programmer, dan computer scientist dalam hal ini. Agar tidak ketinggalan dengan hal-hal baru dalam dunia pemrograman, seseorang yang berkecimpung di bidang pekerjaan ini harus tetap mengembangkan kapabilitasnya. Apalagi bagi pemula atau orang yang sedang belajar menggunakan pemrograman, meningkatkan kemampuan programming menjadi suatu hal yang sangat penting.

Berbagai hal dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan programming yang dimiliki, salah satunya dapat kita adopsi dari sistem pembelajaran Project-based learning (PBL), yaitu suatu sistem pembelajaran yang didasarkan pada permasalahan dan tantangan di kehidupan nyata.

Berbagai hal lainnya yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan programming yang kita miliki adalah

Mengikuti Berbagai Macam Kompetisi

Meningkatkan Kemampuan Programming 1

[Sumber: Wikimedia]

Terdapat berbagai macam kompetisi atau challenge di dunia pemrograman, bahkan jenisnya pun sangat bervariasi. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk membangun dan meningkatkan kemampuan programming yang kita miliki.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proses belajar dapat kita dapatkan dengan menghadapi tantangan atau permasalahan yang ada. Hal tersebut dapat kita adopsi untuk meningkatkan kemampuan programming yang kita miliki. Salah satu adopsinya adalah dengan mengikuti kompetisi.

Dengan mengikuti kompetisi, tujuan belajar kita akan semakin jelas. Dengan tujuan yang jelas, proses meningkatkan kemampuan yang kita miliki juga akan semakin jelas, terkait apa yang harus dikerjakan, dilakukan, dipelajari, dan diaplikasikan.

Selain itu, dengan kompetisi kita akan secara langsung mengaplikasikan apa yang kita pelajari, sehingga apa yang dipelajari akan lebih membekas. Tantangan juga akan meningkatkan rasa ingin tahu terhadap apa yang belum kita ketahui, sehingga kita terpancing untuk mempelajarinya.

Oleh karena itu, salah satu hal yang dapat kita lakukan dalam upaya  meningkatkan kemampuan programming yang kita miliki adalah dengan mengikuti berbagai macam kompetisi yang diadakan oleh berbagai macam organisasi, komunitas, atau bahkan perusahaan.

Ikut Serta dalam Bootcamp/Hackathon

Meningkatkan Kemampuan Programming 2

[Sumber: Flickr]

Salah satu cara meningkatkan kemampuan programming yang kita miliki adalah dengan mengikuti Bootcamp atau Hackathon yang ada. Berbagai macam manfaat dapat kita peroleh dari acara-acara seperti ini.

Termasuk di dalamnya, kita dapat mempelajari berbagai macam kemampuan teknis yang baru. Karena tidak semua peserta memiliki kemampuan yang sama, satu dengan peserta lain dapat saling berbagi ilmu dan berkolaborasi dalam menyelesaikan sebuah tantangan.

Oleh karena itu, mengikuti acara bootcamp atau hackathon dapat kita jadikan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan programming yang kita miliki. Dan selain mendapatkan kemampuan teknis baru, kita dapat memperoleh teman dan berbagai hal yang lainnya.

Masuk Dalam Komunitas

Meningkatkan Kemampuan Programming 3

[Sumber: Wikimedia]

Semakin banyak tempat belajar, semakin banyak pula ilmu yang dapat kita peroleh. Hal ini juga berlaku bagi para developer atau pun seseorang yang sedang belajar pemrograman. Dengan masuk ke dalam sebuah komunitas, seseorang dapat belajar sesuai dengan bidang spesifik yang diarungi oleh komunitas tersebut.

Selain itu, para anggota komunitas akan mendapatkan tempat berbagi, baik berbagi ilmu, berbagi permasalahan, bahkan berbagi solusi. Para pemula pun dapat belajar pada orang yang lebih expert di bidangnya melalui komunitas yang sesuai dengan bidang tersebut.

Seperti rumah kedua, komunitas dapat menjadi tempat pulang ketika seseorang mentok dalam menghadapi suatu permasalahan. Akan terdapat banyak kepala yang mencoba membantu menyelesaikan permasalahan tersebut saat seseorang masuk dalam sebuah komunitas. Semakin banyak kepala yang memikirkan sebuah permasalahan, tentu permasalan tersebut akan semakin ringan.

Hal ini tentu dapat menjadikan komunitas sebagai tempat yang cocok untuk meningkatkan kemampuan programming kita. Apalagi berbagai macam komunitas telah muncul di bidang teknologi, seperti Dicoding, Dirakit, DyCodeX, komunitas ID Android, Google Developer Group Indonesia, BogorMobi,dan lain sebagainya. Yang perlu digaris bawahi, komunitas disini tak hanya komunitas berbasis offline, tetapi komunitas-komunitas online dapat kita ikuti.

Mencari Job yang Sesuai

Meningkatkan Kemampuan Programming 4

[Sumber: Wikimedia]

Untuk meningkatkan kemampuan programming, mengerjakan sebuah job yang sesuai dengan yang kita pelajari tentu akan membuat sesorang lebih mantap dalam belajar. Hasil dari pekerjaan tersebut dapat menjadi pemicu semangat dan memotivasi kita untuk belajar.

Selain itu, dengan job yang sesuai seseorang akan memiliki target yang tepat, yaitu dengan produk yang akan dikembangkan. Sama seperti yang ditawarkan ketika kita mengikuti kompetisi, kita dapat memperoleh proses belajar yang tepat dengan target yang tepat.Kita dapat mempelajari hal-hal yang lebih spesifik sesuai dengan job yang kita kerjakan.

Oleh sebab itu, mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan programming yang kita inginkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kemampuan programming yang kita miliki. Selain intensif yang dapat kita peroleh, kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut juga dapat menjadi hal yang dapat kita pelajari.

 

Berbagai hal ini hanya sekelumit cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan programming yang kita miliki. Beda orang beda cara, hal ini tentu juga dapat mempengaruhi proses belajar dari seseorang. Oleh karena itu, untuk belajar meningkatkan kemempuan programming, kita harus menyesuaikan kemampuan dengan cara yang akan ditempuh.