Unity – Game Engine Tangguh Untuk Berbagai Platform

Unity – Game Engine Tangguh Untuk Berbagai Platform

unity

Dalam membuat game di beberapa platform yang berbeda biasanya pengembang game merasa cukup kesulitan karena terkadang dengan adanya perbedaan bahasa pemrograman harus membuat kode yang berbeda di setiap platform tersebut. Untuk memudahkan pengerjaan tersebut biasanya langkah yang cukup mudah adalah menggunakan game engine. Salah satu game engine yang bagus, dan dipakai banyak orang adalah Unity.

Bisa dibilang Unity ini mendukung untuk pembuatan game berbasis 2 dimensi, maupun 3 dimensi. Selain itu, aset gambar obyek pendukung yang disediakan pun cukup beragam mulai dari 2 dimensi yang paling sederhana, hingga 3 dimensi yang rumit. Selain itu, Unity pun mampu mengambil aset gambar dari perangkat lunak seperti Autodesk 3DS Max, Autodesk Maya, Softimage, Blender, Modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah 3D, Adobe Photoshop, Adoble Fireworks, dan Allegorithmic Substance.

Game engine ini pun mendukung beberapa bahasa pengembangan aplikasi seperti C#, UnityScript (berbentuk JavaScript), dan BooScript yang dapat terintegrasi dengan bahasa Python. Namun dari ketiga bahasa tersebut biasanya pengembang aplikasi banyak yang menggunakan C#, dan UnityScript karena keduanya lebih familiar digunakan.

Hasil game yang telah dibuat dengan menggunakan Unity ini nantinya dapat mendukung beberapa platform yang terdiri dari iOS, Android, Windows 8, Windows Phone 8, BlackBerry 10, Mac, Windows, Linux, Web Player, PlayStation 3, Xbox 360, dan Wii U. Dengan begitu, pengembang game pun jadi lebih cepat, dan efisien dalam menghasilkan game untuk berbagai platform.

Beberapa game terkenal yang telah menggunakan Unity ini adalah Dead Trigger, Bad Piggies, Temple Run 2, Three Kingdom Online, DreadOut, Galactic Rush, Roly Poly Penguin, Eyes On Dragon, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang Unity ini cocok digunakan untuk pemula, maupun pengembang game yang sudah profesional sekalipun karena dukungan yang tersedia dalam game engine ini.

Bagi pembaca yang ingin mencoba mengembangkan game dengan game engine dapat langsung mengunjungi situs resmi dari Unity yang menyediakan informasi lebih lanjut, tutorial, dan mengunduh perangkat lunaknya. Untuk perangkat lunaknya sendiri, Unity ini terdiri dari dua versi yaitu Unity yang bersifat gratis, dan Unity Pro yang dapat dibeli dengan harga US$1500 atau US$ 75 per bulan. Sebagai tambahan, Unity 5 telah membuka fitur penuh untuk pengembangan game.

game unity

*update : unity 5 telah mendukung fitur penuh.